MEMAHAMI PERINTAH SQL


Assalamualaikum wr.wb

Selamat sore kawa-kawan blogger, berjumpa lagi kita di blog Belajar Di Perantauan kali ini kita akan membahas tentang Apa saja Perintah SQL ?

Telah di katakan sebelumnya bahwa SQLmerupakan sebuah bahasa permintaan yang melekat pada suatu SMBD termasuk MySQL. Perintah-perintahnya dapat kita sebut dengan QUERY. Dalam pengunaannya, perintah SQL di kategorikan menjadi 3 sub peintah, yaitu DDL ( Data Definition Language ), DML ( Data Manipulation Language ), DCL ( Data Control Language ).

1.     DDL ( Data Definition Language )
Data definiton language ( DDL ) merupakan sub bahasa SQL yang digunakan untuk membangun kerangka database. Ada tiga perintah yang termasuk dalam DDL, yaitu :

·         CREATE : perintah ini digunakan untuk membuat, termasuk diantaranya membuat database baru, tabel baru, view baru, dan kolom.
·         ALTER : Perintah ini digunakan untuk mengubah struktur tabel, yang telah di buat. Pekerjaannya mancakup mengganti nama tabel , manmbah kolom, mengubah kolom, menghapus maupun menambah atribut oada kolom.
·         DROP : Perintah ini digunakan untuk menghapus database dan tabel.

2.      DML ( Data Manipilation Language )
Data manipulation language ( DML ) merupakan sub bahasa yang digunakan untuk memanipulasi data dalam database yang telah terbuat.
Peritah yang digunakan adalah :

·         INSERT : Perintah ini digunakan untuk menyisipkan atau memasukkan data baru kedalamn tabel. Pengunaanya setelah database dan tabel selesai dibuat.
·         SELECT : Perintah ini digunakan untuk mengambil data atau menampilkan data dari satu tabel kebeberapa tabel dalam relasi. Data yang diambil dapat kita tampilkan dalam layar Prompt MySQL. Secara langsung maupun ditampilkan pada tampilan relasi.
·         UPDATE :Perintah ini digunakan untuk memperbarui data lama menjadi data terkini. Jika teman-teman data yang salah atau kurang up to date dengan kondisi sekarang, maka dapat diubah isi datanya menggunakan perintah Update.
·         DELETE : Perintah ini digunakan untuk mengapus data dari tabel. Biasanya data yang di hapus merupakan data yang sudah tidak dapat digagalkan, sehinggadatta yang telah hilang tidak dapat dikembalikan lagi.

3.      DCL ( Data Control Language )
Data control language ( DCL ) merupakan sub bahasa SQL yang digunakan untuk melakukan pengontrolan data dan server databasenya.
Perintah DCL, di antaranya :

·         GRAND :Perintah ini digunakan untuk memberikan hak/izin akses oleh administrator ( pemilik utama ) server kapada user ( pengguna biasa ). Hak akses tersebut berupa hak mebuat ( CREATE ), mengambil ( SELECT ), menghapus ( DELETE ), mengubah ( UPDATE ),dan hal khusus berkenaan dengan sistem databasenya.
·    REVOKE : Perintah ini memiliki kegunaan terbalik dengan GRAND, yaitu untuk menghilangkan atau mencabut hak akses yang telah diberikan kepada user oleh administrator.

Na bagaimana kawa-kawan sudah paham apa arti dari kata CRUD sekarang ini kan, semoga bermamfaat dan silahkan di share !!!.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MEMAHAMI PERINTAH SQL"

Post a Comment